Selasa, 14 Juni 2011

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan computer adalah kumpulan computer , printer dan peralatan lainnya yang saling terhubung satu sama lain , secara fisik , logic.
Informasi dan data begerak melalui media tranmisi ( guide, kabel, fiber optic, maupun unguided. Gelombang elektromagnetik seperti : infrared, Bluetooth) sehingga pengguna jaringan computer dapat saling bertukar dokumen dan data . Tiap computer , printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih computer yang saling terhubung diantara satu dengan yang lain.Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluaran telephon, gelombang radio, satelit, n Bluetooth.
• Jenis Jenis jaringan computer
• LAN, adalah jaringan computer yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya di area lingkungan seperti , kantor, perkantoran disebuah gedung, atau sebuah sekolah dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
Secara umum LAN memiliki computer pusat, yang disebut dengan server, Server inilah yang mengatur konfigurasi LAN baik secara software maupun hadware. Komputer yang terhubung ke dalam jaringan disebut workstation/client. Biasanya kemampuan workstation lebih rendah di bandingkan dengan computer sebagai server. LAN biasanya menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu computer dengan computer lain.Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi wireless, banyak LAN juga yang dihubungkan melalui device jaringan yang disebut Access Point.
• MAN , biasanya meliputi area lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi.
Contoh : Jaringan bank dimana beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.
• WAN , adalah jaringan dengan lingkupnya yang biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut.
Contoh : Seluruh jaringan Bank BNI yang ada di Indonesia ataupun di area Negara-negara lain.
• Internet , Hampir diseluruh dunia banyak sekali menggunakan perangkat keras atau lunak yang berbeda-beda. Sehingga seseorang yang ingin menghubungkan diri ke jaringan orang lain untuk mendapatkan informasi mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan tidak compaitiblenya perangkat keras dan lunak yang digunakan. Oleh karena itu diperlukan sebuah protocol yang digunakan oleh seluruh jaringan, baik perangkat keras maupun lunak. Protokol inilah disebut TCP/IP. Dengan protocol ini dapat tercipta sebuah interconnected networking(internet) yang merupakan gabungan seluruh jaringan computer, yang mana semua computer tersebut menggunakan internet protocol (IP) untuk berkomunikasi satu dengan yang lain antar jaringan computer.

• Tipe Jaringan
Ada 2 tipe jaringan , yaitu client-server dan tipe per to per
Jaringan client-server
• Server adalah computer yang menyediakan fasilitas ke computer-komputer lainnyadalam sebuah jaringan, sedangkan client adalah computer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas server. Jaringan client-server disebut juga dengan dedicated server.
• Jaringan Peer to Peer
Bilau ditinjau dari peran server kedua tipr jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server asli melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

0 komentar:

Posting Komentar

Ramalan Jodoh





Blog Archive

Popular Posts

Blog Visitor

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons